Selasa, 17 Juli 2012

Abstrak LP PBT


Abstrak Laporan Praktikum Pengetahuan Bahan Teknik
ABSTRAK
Pengetahuan Bahan Teknik adalah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan pemilihan bahan dengan sifat dan struktur nya, terutama properti mekanik. Dalam pemilihan bahan untuk mengetahui sifat mekanik, kita harus melakukan pengujian, yaitu pengujian kekerasan, inspeksi mikro, pemeriksaan bahan, korosi inspeksi, dll.
Dalam praktikum ini kami telah menyelesaikan  empat modul. Modul 1 tentang pengujian kekerasan, menggunakan Brinell Hardness Test Metode untuk spesimen baja St-37 dan membandingkan nilai kekerasan terhadap spesimen dengan tempering SAE 40 perlakuan panas dan tanpa perlakuan panas. Modul 2 tentang inspeksi mikro, menggunakan baja St-37 dengan tempering dan quenching SAE 40 perlakuan panas dan tanpa perlakuan panas. Dan kemudian, kita mengambil yang gambar mikrostruktur dari masing-masing perlakuan menggunakan mikroskop logam. Modul 3 tentang pemeriksaan bahan tanpa kerusakan material (uji tak rusak) menggunakan metode Inspeksi Penetrant cair tahu celah baja St-37. Modul 4 tentang pengujian korosi, menggunakan baja St-37 dan softsteel direndam dalam Suatu larutan HCl (Hidrogen Clorida) pada 10 hari, sehingga kita tahu kecepatan korosi (CRM).
Tujuan latihan atau praktikum ini yaitu untuk mengetahui cara uji penggunaan bahan jenis metode. Sehingga kita dapat menganalisis sifat mekanik bahan tersebut.

Tidak ada komentar: